Pages - Menu

Kamis, 25 Februari 2016

Masalah demi masalah


Setiap manusia akan ditimpa dengan berbagai masalah,karena itulah cara tuhan ingin melihat seberapa besar kualitas kita dalam menyelesaikan masalah tersebut dan masalah demi masalah menimpa kita sebagai ujian apakah kita layak naik kelas menuju ketingkat selanjutnya. Ibaratkan seorang siswa untuk menaiki jenjang yang lebih tinggi mereka harus mengikuti ujian untuk melihat kapasitas kemampuan nya apakah ia layak untuk pindah kelas yang lebih tinggi, begitu juga dengan hidup ini,masalah demi masalah akan selalu kita hadapi agar kita menjadi orang yang berkualitas.

Masalah yang kita hadapi pasti bisa kita selesaikan, karena Allah membebani suatu hamba sesuai dengan batas  kemampuan nya. Segelas  air akan terasa asin jika diberi sesendok garam akan tetapi jika air laut di kasi sesendok garam ia tidak akan bisa asin,jika sesendok garam di ibaratkan masalah akan terasa berat menghadapi masalah tersebut karena pikiran kita sempit menghadapinya,namun jika kita menghadapi masalah dengan pikiran terbuka dengan bijak maka masalah tersebut bukan lah suatu beban yang memberatkan. Namun terkadang cara pandang seseorang dalam menyikapi masalah tersebut berbeda-beda sehingga ada orang-orang yang biasa-biasa saja dalam menghadapi masalah, bahkan terkadang ada orang yang semakin tertantang dan terpacu ketika ada masalah karena ia yakin dengan masalah tersebut ia bisa berlatih dan menimpa diri untuk menjadi lebih baik, tetapi ada orang yang menghadapi setiap masalah adalah suatu beban sehingga hari-hari yang dijalani hanya dengan keluh kesah karena masalah yang menimpanya.


Kita hidup sebenarnya untuk menyelesaikan masalah, karena sejatinya hidup ini adalah masalah,tidak ada hidup tanpa masalah,masalah akan selesai ketika kita sudah mati, ibarat kan orang sekolah jika udah tamat sekolah baru ujian tersebut tidak akan ada lagi. Setiap masalah yang kita hadapi adalah cara allah memberikan kita pelajaran agar kita bisa belajar dari masalah tersebut, karena masalah bisa kita jadikan kita guru yang terbaik. Ketika ditimpa kemelaratan,kesempitan,mendapatkan cacian mungkin allah ingin mengajarkan kan kita arti kesabaran. Oleh karena hadapi masalah dengan penuh senyuman dan pikiran positif sehingga masalah demi masalah yang menimpa kita membuat kita menjadi orang yang lebih baik lagi. Sabar juga merupakan salah satu kunci menghadapi masalah. Banyak orang yang kurang sabar karena mereka kurang paham dan kurang bijak  dalam menghadapi masalah yang terlintas dalam pikiran nya bahwa masalah adalah sesuatu yang sangat memberatkan dan menyakitkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar