Pages - Menu

Minggu, 21 Februari 2016

Menghormati seorang guru







Guru merupakan seorang yang sangat berjasa bagi kehidupan kita,baik itu guru agama,guru ngaji, guru di sekolah dan juga guru di kampus. Mereka dengan ikhlas memberikan ilmu kepada kita sehingga kita tahu mana yang benar dan mana yang salah, mana yang halal dan mana yang haram. Betapa hebatnya perjuangan mereka sehingga melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa, semua profesi yang ada didunia ini tidak lepas dari andil seorang guru karena sebelum mereka jadi presiden,menteri,pejabat,polisi dan profesi yang lainnya tentu mereka akan menempuh yang nama nya jenjang pendidikan dibangku sekolah dan kita tidak akan bisa mengenyam pendidikan jika tidak ada seorang guru.

Akan tetapi manusia di zaman ini sedikit sekali yang menghormati gurunya, mereka anggap seorang guru hanya sebatas profesi biasa dan menganggap guru ketika ada disekolah atau pun dikampus akhlak kepada gurunya sangat buruk bahkan menyamakan guru dengan seorang teman berkata seenaknya,bertingkah sesuka hati kepada gurunya. Kadang ada guru yang dibencinya bahkan ada yang mencacinya dengan alasan gurunya garang,killer ngajar nya susah di mengerti sehingga tak jarang banyak siswa yang melukai dan menyakiti hati guru atau dosennya, sehingga wajar ketika ilmu yang diperoleh kurang bermanfaat akibat kurang menghormati seorang guru dan ilmu tersebut tidak akan berguna. Jika kita lihat banyak orang-orang yang berilmu tapi ilmu mereka membawanya kejurang kehancuran,banyak pejabat yang korupsi,berjudi melakukan tindakan asusila bukan nya mereka tidak berilmu tetapi karena ilmunya tak bermanfaat, karena syarat ilmu bisa bermanfaat salah satunya hormat terhadap guru.

Jika kita belajar dengan ulama terdahulu bagaimana mereka menghormati gurunya mulai dari cara bicara dengan guru,cara duduk mereka sangat berhati-hati sehingga ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat dan berguna bagi orang banyak, terlebih lagi kepada seorang guru agama atau guru spritual kita. Terdapat banyak riwayat atau hadist yang menjelaskan keutamaan dan pentingnya menghormati seorang guru. Karena Guru adalah pewaris para nabi. Karena lewat seorang guru, wahyu atau ilmu para nabi diteruskan kepada umat manusia. Imam Al-Gazali mengkhususkan seorang guru dengan sifat-sifat kesucian, kehormatan, dan penempatan guru langsung sesudah kedudukan para nabi. Beliau juga menegaskan bahwa: “Seorang yang berilmu dan kemudian bekerja dengan ilmunya itu, maka dialah yang dinamakan besar di bawah kolong langit ini, dia ibarat matahari yang menyinari orang lain dan mencahayai dirinya sendiri, ibarat minyak kesturi yang baunya dinikmati orang lain dan dia sendiri pun harum. Siapa yang berkerja di bidang pendidikan, maka sesungguhnya dia telah memilih pekerjaan yang terhormat dan yang sangat penting, maka hendaknya dia memelihara adab dan sopan satun dalam tugasnya ini.”

Guru merupakan bapak rohani bagi seorang murid, gurulahlah yang memberikan santapan jiwa dengan ilmu, pendidikan akhlak, dan membimbing para muridnya. Maka, menghormati guru berarti penghargaan terhadap anak-anak kita, dengan guru itulah, mereka hidup dan berkembang. Sesuai dengan ketinggian derajat dan martabat seorang guru, tidak heran kalau para ulama sangat menghormati guru-guru mereka. Cara mereka memperlihatkan penghormatan terhadap gurunya antara lain sebagai berikut.

1.      Mereka selalu rendah hati terhadap gurunya, meskipun ilmu sudah lebih banyak ketimbang gurunya.
2.      Mereka menaati setiap arahan serta bimbingan guru, seperti seorang pasien yang tidak tahu apa-apa tentang penyakitnya dan hanya mengikut arahan seorang dokter pakar yang mahir.
3.      Mereka juga senantiasa berkhidmat kepada guru-guru mereka dengan mengharapkan balasan pahala serta kemuliaan di sisi Allah Swt.

4.      Mereka memandang guru dengan perasaan penuh hormat dan ta’zim (memuliakan) serta memercayai kesempurnaan ilmunya. Hal ini akan lebih membantu pelajar untuk memperoleh manfaat dari apa yang disampaikan oleh guru mereka.

Itu lah pentingnya menghormati seorang guru, kita harus selalu menghormati seorang guru meskipun kita sudah lulus dan tidak lagi berguru kepadanya,meskipun kita sudah menjadi pejabat atau ilmu kita sudah lebih tinggi dari guru kita harus tetap menhormati guru karena bagaimanapun kita bisa seperti sekarang karena perjuangan seorang guru dan kita harus selalu mendoakan beliau agar diberi keselamatan,kesejahtraan dan umur yang panjang.

Wallahua’alam bissawab





Tidak ada komentar:

Posting Komentar