Pages - Menu

Selasa, 23 Februari 2016

Semangat Mengerjakan SKRIPSI








Skripsi oh skripsi,ia itulah tugas akhir bagi mahasiswa semester akhir, skripsi adalah sarat seseorang menjadi sarjana,sepintar apapun orang tersebut jika masih belum selesai mengerjakan skripsi kepintaran nya belum bisa diakui karena belum mendapatkan tanda bukti berupa ijazaah. banyak mahasiswa yang dibuat galau akibat skripsi dan menganggap skripsi adalah suatu momok yang menakutkan apalagi mendengar cerita dari senior yang belum selasai mengerjakan kan skripsi yang lebih banyak lika-likunya. Mengerjakan skripsi sebenarnya bukan masalah kepintaran dan semangat tapi yang terpenting adalah niat mengerjakan skripsi. Dibutuhkan niat sekuat baja sehingga cita-memakai toga bisa tercapai.

Masih banyak mahasiswa tua yang masih asyik menyandang mahasiswa bukan tidak pintar akan tetapi mereka belum fokus mengerjakan skripsi,ada yang sibuk dengan organisasi sehingga melupakan skripsi ada yang sambil bekerja, buka usaha bahkan ada yang menikah. Hal tersebut bukan lah masalah akan tetapi fokusnya akan terbagi, disisi lain mereka harus mengurus masalah kerjaan,ngurus usaha,ngurus keluarga dan dengan waktu yang bersamaan harus menyelesaikan tugas skripsi, sehingga agak lama menyelesaikan skripsi, sebelum kita ingin melakukan hal lain kita harus mempertimbangkan terlebih dahulu mengukur kemampuan kita, apakah dengan melakukan beberpa pekerjaan kita akan bisa fokus mengerjakan skripsi. Karena skripsi ini ibaratkan sebuah pasangan suami istri, ia butuh perhatian dan kasih sayang sehingga bisa selalu bersama dan tentu pasangan kita tidak ingin diduakan, begitu juga skripsi ia butuh perhatian lebih agar bisa fokus mengerjakan nya.

Dan yang tidak bisa di pungkiri musuh yang paling berat dalam mengerjakan skripsi adalah Lima kata yaitu “MALAS”, jika penyakit ini menyerang diri kita dan jika di biarkan maka skripsi tidak akan pernah selesai tidak ada lagi senjata yang bisa melawannya salah satu caranya dengan memaksa dan melawan kemalasan tersebut, karena menunda-menunda skripsi berarti kita telah menunda banyak hal,misal nya kita harus menunda jadi PNS, meunda bekerja di perusahaan ternama karena hal tersebut bisa kita peroleh jika sudah sarjana, bahkan ada celotehan sehari menunda skripsi berarti sehari menunda pernikahan ( yang ini abaikan,hehe).

Ada kata-kata bijak yang menjadi andalan mahasiswa tingkat akhir adalah “mungkin skripsi tidak selesai tepat waktu, tapi ia akan selesai di waktu yang tepat” seolah hal tersebut menjadi pembenaran bahwa berlama-lama menyelesaikan skripsi tidak apa-apa mungkin belum waktunya,toh nanti akan selesai juga di waktu yang tepat. Memang benar skripsi akan selesai di waktu yang tepat, akan tetapi jika tidak dikerjakan dan menunda-nunda dalam menyelesaikan nya,kapan nunnggu waktu yang tepat? (coba pikirkan, heheh). Kita harus ingat bahwa semakin lama kuliah akan ada orang yang terzholimi yaitu orangtua yang membiayai kita kuliah,tentu orang tua akan menginginkan anak nya untuk cepat selesai lulus kuliah agar bisa mendapat pekerjaan dan bisa membantu dan membahagiakan nya, tetapi kalau kita lama menyelesaikan kuliah malah bukan membahgiakan tapi mengecewakannya karena menambah pengeluaran orang tua membiayai kuliah kita.

Kita harus mempunyai niat yang sungguh-sungguh dalam menyelesaikan skripsi dan harus bermental baja, karena kita akan selalu melakukan revisi,revisi dan revisi. Mahasiswa biasanya suka menyerah ketika skripsi tidak kunjung bagus, ya ia lah namanya juga skripsi pasti ada revisi, karena tidak ada skripsi tanpa revisi, agar skripsi kita bisa bagus seperti yang diingan kan dosen. Profesor sekalipun jika membuat karya ilmiah pasti ada revisi, apalagi kita yang baru belajar, akan tetapi jika kita mempunya niat dan sabar insyaallah akan selesai juga.

Masalah juga bagi mahasiswa, lama menyelesaikan skripsi karena jarang berkonsultasi dengan dosen pembimbing,meskipun kita sudah punya ide dan konsep jika kita jarang berkonsultasi maka akan lama juga dalam menyelesaikan skripsi karena konsep dan ide kita belum tetntu benar di mata dosen pembimbing, dan kita harus mempunyai hubungan yang baik dengan dosen pembimbing karena bagaimanapun juga beliau lah yang menentukan apakah kita bisa seminar dan sidang, jadi kita harus pandai-pandai cari perhatian dengan dosen pembimbing,hehe

Jadi intinya jika skripsi ingin selesai KERJAKAN....KERJAKAN....KERJAKAN.... dan jangan lupa berdoa meminta kepada yang maha kuasa agar dipermudah dalam pengerjaan nya karena apapun usaha kita hasil akhirnya allah juga lah yang menentukan.

NOTE : Tulisan ini di buat oleh saya (Badaruddin) selaku mahasiswa semester atas untuk membuat motivasi dan semangat dalam menyelesaikan Skripsi karena saya sendiri masih baru mulai dalam menyelesaikan nyaa. Semoga di permudah oleh Allah. Aamiieen....



3 komentar:

  1. Skripsi, lg berjuang utk menyelesaikannya. Tp musuh besarq bkn 'malas', tp seringkali tiba-tiba 'blank', hehe..

    BalasHapus
  2. Skripsi, lg berjuang utk menyelesaikannya. Tp musuh besarq bkn 'malas', tp seringkali tiba-tiba 'blank', hehe..

    BalasHapus
  3. hehe...mual limah semester berapa?
    salam kenal,,terima kasih udah mampir

    BalasHapus