Pages - Menu

Sabtu, 12 Maret 2016

ilmu agama vs ilmu umum


Jika kita kurang dalam pelajaran matematika, bahasa inggris,IPS,IPA dan pelajaran umum lainnya kita akan selalu berusaha agar bisa menguasai pelajaran tersebut bahkan rela mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mengikuti pelajaran tambahan mengikuti dan bimbel, akan tetapi kita acuh tak acuh terhadap terhadap ilmu agama, padahal ilmu agama lah yang sangat penting buat hidup kita, ilmu agama lah yang akan kita bawa mati sebagai bekal kita di akhirat, percuma kita pintar ilmu umum akan tetapi ilmu dan pemahaman agama kita kurang, karena ilmu agama lah yang akan membuat kita dekat dengan sang pencipta. Ilmu umum hanyalah untuk bekal kita didunia sedangkan didunia kita hanya  sementara, di dunia hanya tempat kita mencari bekal untuk kehidupan yang sesungguhnya di akhirat kelak.

Jangan sampai ilmu umum kita meraih predikat sarjana sedangkan ilmu agama kita tak ubahnya seperti anak TK, maka sakitnya kelak di akhirat, sungguh merugi jika kita pintar ilmu umum, akan tetapi ilmu agama nya kurang. Tidak sedikit dari para sarjana yang pintar ilmu umum tetapi ilmu agama nya minim, kurangnya pemahaman ilmu agama pada diri kita akan berdampak pada tingkah laku dan perbuatan kita, jika kita lihat sekarang banyak kejahatan yang dilakukan oleh para kaum intelek sperti korupsi,tindakan asusila dan perbuatan buruk lainnya, bukannya dia orang yang tidak pintar akan tetapi karena kurangnya pemahaman agama mereka sehingga ia tidak takut sama tuhannya.

Dan juga banyak orang yang pintar ilmu umum dluar sana akan tetapi membaca alquran saja tidak bisa, apa jadinya jika kita seorang muslim tidak bisa membaca al quran, bukan kah alquran itu kitab suci umat islam, bukan kah alquran itu sebagai pedoman umat muslim. Itu lah mengapa terkdang banyak diantara kita jauh dari kitab suci karena kita tidak mau belajar membaca alquran dan tidak mau mempelajari padahal alquran merupakan pegangan kita selaku umat islam untuk mengerjakan segala sesuatunya. Wajar jika orang pintar yang jarang menyentuh alquran perbuatannya banyak yang tercela, karena ia tidak mau belajar,memahami dan mengaplikasikan isi alquran.

Oleh karena itu kita sebagai umat islam harus seimbang dalam menuntut ilmu, selain kita pintar ilmu umum kita juga harus pintar dalam ilmu agama sehingga kita bisa hidup seimbang dan selamat dunia dan akhirat. Untuk para orang tua sudah selayaknya untuk memperhatikan pendidikan anaknya, ketika anaknya kurang pengetahuannya dalam ilmu umum di berikan tambahan pelajaran begitu juga dengan ilmu agama jika dirasa ilmu agama anaknya kurang maka harus diberikan pelajaran tambahan, carikan lah seorang ustadz yang bisa mengajari anak nya membaca alquran dan mengajarkan ilmu agama, jangan sampai seorang anak fasih berbahasa inggris akan tetapi tidak bisa berbahasa arab, jika anak kita fasih berbahas inggris seharusnya juga bisa bahasa arab karena bahasa arab adalah bahasa alquran.


Wallahua’alambissawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar