Pages - Menu

Sabtu, 12 Maret 2016

saya tidak pernah sekolah



Suatu ketika seorang teman kampus saya bertanya” kamu dulu sekolah dimana?” Dengan nada bergurau saya jawab “ saya tidak pernah sekolah”. Kemudian dia kembali bertanya “ kalau enggak pernah sekolah koq bisa kuliah?” sambil tersenyum saya jawab “ia.. saya dulu enggak pernah sekolah tapi belajarnya di madrasah..he...he,,
Sejak kecil saya memang tak pernah menempuh pendidikan di sekolah umum tapi saya menuntut ilmu selalu di madrasah, Kata "madrasah" dalam bahasa Arab adalah bentuk kata "keterangan tempat"  dari akar kata "darasa". Secara harfiah "madrasah" diartikan sebagai "tempat belajar para pelajar",atau "tempat untuk memberikan pelajaran".Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata "madrasah" memiliki arti "sekolah" kendati pada mulanya kata "sekolah" itu sendiri bukan berasal dari bahasa Indonesia, melainkan dari bahasa asing, yaitu school atau sekolah, madrasah sedikit berbeda dengan sekolah umum karena di sekolah umum pada umum nya pelajaran agama hanya satu yaitu pendidikan agama islam (PAI), sedangkan di madrasah selain belajar pelajaran umum sebagaimana pelajaran disekolah umum juga pelajaran agama lebih banyak seperti pelajaran Aqidah Akhlak,Fiqih,Al-quran hadist, Bahasa arab, Sejarah kebudayaan islam dan bahasa arab.
ketika kawan-kawan kebanyakan masuk Sekolah Dasar (SD), saya memilih masuk ke Madrasah Ibtidaiyah (MI), setelah lulus dari MI saya melanjutkan ke Madrasah Tsanawaiyah bukan ke SMP, kemudian melaanjutkan ke Madrasah Alyah (MA), itu lah sebabnya kenapa saya bilang ke kawan-kawan saya tidak pernah sekolah, karena saya selalu menempuh pendidikan di madrasah.
Kebanyakan kawan-kawan gengsi sekolah di madrasah karena menganggap sekolah yang tertinggal, orang-orang berasumsi bahwa sekolah di madrasah mutu nya kurang bagus,murid-murid nya tidak bisa bersaing dengan murid yang sekolah di sekolah umum dan fasilitas di madrasah kurang lengkap dibandingkan dengan sekolah umum, padahal asumsi mereka selama ini kurang tepat, buktinya banyak koq siswa yang berprestasi yang berasal dari madrasah baik dari skala nasional maupun internasional dan tidak hanya berprestasi dibidang pelajaran agama bahkan juga pelajaran umum seperti sains dan matematika.
Beruntung lah orang-orang yang sekolah dimadrasah karena kita akan memperoleh nilai Plus,kita akan memperoleh ilmu agama lebih banyak dibandingkan dengan yang disekolah di sekolah umum, karena ilmu agama lebih penting dari pada ilmu umum,ilmu agam adalah bekal kita untuk menuju akhirat. Jika kita lihat siswa yang sekolah dimadrasah dan siswa yang sekolah di sekolah umum tingkah laku nya sedikit berbeda mulai dari kedisiplanan dalam beribadah,akhlak dan yang lainnya, meskipun tidak semua siswa seperti itu.
Oleh karena itu jangan pernah malu dan gengsi untuk masuk madrasah karena dimadrasah kita akan memperoleh ilmu lebih dibandingkan dengan sekolah umum khususnya dalam pelajaran agama.
Wallahua’alambissawab.




3 komentar:

  1. Saya juga ndak pernah Sd. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama,

      dr Tk, SD, Smp dn Sma..
      semua madrasah, hehe..

      Tp gk pernah malu, palagi gengsi kok skolah pesantren..

      Hapus