Pages - Menu

Sabtu, 12 Maret 2016

Matematika Kehidupan



Sejak Madrasah ibtidaiyah (setara dengan SD) saya sangat senang belajar matematika,karena mateamtika itu menyenangkan dan saya menyukai tantangan, di pelajaran matematika banyak sekali tantangan yang harus di selesaikan, sehingga jika ada salah satu soal saja yang tidak bisa saya jawab maka saya tidak pantang menyerah dan berusah saya sampai dapat jawabannya, itulah senangnya belajar matematika, sehingga ketika kuliah saya  mengambil Program studi pendidikan Matematika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas tanjung pura pontianak, kalimantan Barat. Saya mengambil fakultas keguruan karena saya ingin menjadi guru dan berbagi ilmu sayang punya kepada yang membutuhkan khususnya di bidang Matematika, banyak yang menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dan menyeramkan sehingga tidak banyak siswa yang menyukai matematika, saya ingin membuktikan bahwa matematika itu tidak sesulit yang mereka bayang kan.

Salah satu faktor yang menyebabkan siswa kurang menyukai pelajaran matematika adalah karena seorang guru, banyak guru yang kurang bersahabat dalam mengajarkan murid nya, kurang bersahabat disini maksudnya adalah guru tidak mengayomi dalam mengajar, guru hanya menyampaikan materi saja tidak melihat keadaan murid apakah paham atau tidak, terkadang guru menginginkan apa yang di ajarkannya semua nya bisa dipahami padahal kemampuan seorang siswa berbeda-beda, belum lagi guru nya Killer, suka nya marah-marah tak jelas kepada muridnya hal ini lah terkadang membuat siswa menjauhi pelajaran matematika. Oleh sebab itu peranan guru sangat penting dalam memotivasi siswa agar menyukai pelajaran matematika.

Ketika saya semester 7 melaksanakan mata kuliah Praktek Program Lapangan (PPL) yaitu mengajar disekolah selama kurang lebih empat bulan, banyak sekali melihat tingkahlaku siswa dalam pembelajaran matematika, ada yang bertanya “ pak, kenapa banyak soal matematika  sangat sulit sekali, susah mengerjakannya”, kemudian dengan tersenyum saya menjawab “pelajaran matematika itu tidak sulit, bahkan sangat mudah jika kita mau belajar dan berlatih secara kontinyu, kita akan bisa mengerjakan soal matematika jika kita tahu rumus matematika sehingga dengan mudah kita mengerjakan soal tersebut”. Seorang guru memberikan soal matematika tentu bukan sembarang soal pasti ada jawaban dari soal tersebut, jika kita tahu rumusnya pasti akan bisa menyelesaikandan  mendapatkan jawabannya dengan mudah.

Nah, yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini bahwa dalam kehidupan ini bagaikan soal matematika,tentu dalam matematika banyak sekali soal-soal matematika yang harus diselesaikan dan tidak sedikit siswa yang kebingungan,mengeluh bahwa ia tidak bisa menjawab soal tersebut, pada hal soal tersebut pasti ada jawabannya akan tetapi karena kita tidak tahu rumus kita tidak bisa menyelesaikannya, begitu juga dalam kehidupan banyak sekali masalah-masalah yang menimpa diri kita, tidak sedikit orang-orang yang mengeluh, putus asa karena menganggap masalah nya begitu berat padahal masalah yang menimpa kita itu tuhan berikan sesuai batas kemampuan kita, akan tetapi karena kita tidak tahu rumus menyelesaikan masalah tersebut sehingga merasa berat, seandainya kita tahu rumus menyelesaikan masalh tersebut maka dengan mudah kita bisa menyelesaikannya tanpa ada rasa frustasi dan putus asa.

Agar kita tahu rumus menyelesaikan masalah berpegang lah kepada tali allah,kepada alquran di hadist karena semua urusan kehidupan kita sudah diatur allah dalam alquran dan sunnahnya sehingga jika mendapat masalah kita akan tahu solusi dan jawabannya.


Wallahua’alambissawab.

1 komentar: