Pages - Menu

Senin, 14 Maret 2016

Benarkah kita Seorang Pemuda


Sadarkah bahwa kita adalah seorang pemuda!!!, lantas apa yang sudah kita lakukan sebagai seorang pemuda, sudah kah kita bermanfaat bagi sesama, karya apa yang sudah kita persembahkan buat agama bangsa dan negara sebagai seorang pemuda?? Mari kita evaluasi sejenak, dulu Soekarno Pernah berkata "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia", apakah kita termasuk pemuda yang di maksud oleh Presiden pertama itu?, apakah kalimat tersebut hanya kalimat yang terucap dibibir dan tak mempunyai makna yang berarti??

Tidak kah kita belajar dengan pemuda-pemuda zaman dahulu yang kreatif penuh karya dan berkontribusi terhadap agama bangsa dan negara,sebagai umat muslim tentu kita pernah mendengar yang namanya Ibnu Sina, Muhammad Al-Fatih II. Sungguh mencengangkan Ibnu Sina sudah hafal al-Quran saat usia 9 tahun dan menjadi dosen termuda dalam ilmu kedokteran di usia 12 tahun. Ia bukan hanya terkenal sebagai seorang ahli kesehatan dunia dengan banyak karyanya yang monumental, namun ia juga sebagai seorang hafidz Al-Quran, penyair ulung,ahli filsafat, dan segudang disiplin ilmu lainnya.

Muhammad alfatih juga hebat dibidang yang berbeda, ia adalah seorang pemuda di usia 21 tahun membawa lebih dari 200.000 pasukan muslim berjihad melawan Konstantinopel yang waktu itu menjadi negara adikuasa. Sungguh sangat luar biasa di usia yang sangat muda bisa menaklukan konstantinopel, sang panglima perang terbaik itu membuat perencanaan yang sangat matang sampai-sampai mengetahui secara detail dari peta kekuatan musuh.

Masih banyak lagi pemuda-pemuda zaman dahulu yang bisa kita contoh atas karya dan kontribusinya. Di zaman sekarang pun banyak pemuda yang menghasilkan karya yang luar biasa, kita pasti sering Browsing tentu pasti tahu yang namanya google penemunya juga seorang pemuda. Kalau Facebook tentu kebanyakan orang pasti tahu karena mulai dari anak-anak sampai orang tua pada umumnya punya Facebook, siapa penemunya? Penemunya adalah seorang pemuda yang waktu itu masih berusia 25 tahun yaitu Mark Zuckerberg, dan kita biasa menggunakan komputer menggunakan “microscoft” dan “windows” penemunya juga seorang pemuda yaitu Bill Gates.


Nah dari kisah diatas yang menghasilkan karya besar adalah seorang pemuda, yang menjadi pertanyaan besar pada diri kita sebagai seorang pemuda, karya besar apa yang sudah kita lakukan? Apakah kita hanya sebagai penonton dan penikmat saja, hidup hanya sekedarnya saja? Sebagai seorang pemuda sudah seharusnya kita harus mempunyai karya-karya besar sehingga keberadaan kita diakui, jangan sampai kita sebagai pemuda hanya menjadi sampah masyarakat yang meresahkan warga, membuat keonaran dan kejahatan lainnya. Yok..kita tunjukan bahwa kita adalah seorang pemuda sebagaimana yang di maksud Soekarno sehingga kita bisa bermanfaat buat orang lain dan pantas menjadi pemimpin bangsa yang akan membawa perubahan bangsa kita kedepan nya agar lebih maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar