Pages - Menu

Kamis, 16 November 2023

Guru Yang Tidak Akan Pernah Lekang Oleh Waktu

 



    Menjadi seorang guru merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia karena dengan tulus dan ikhlas mempunyai misi mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Guru mempunyai tugas salah satunya adalah mengajar, arti Guru dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2007: 377) adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya) mengajar. Tugas seorang guru bukan hal yang mudah karena tidak hanya mentansfer ilmu pengetahuan lebih dalam lagi yaitu mendidik dan membimbing, seperti yang diungkapkan Supardi, 2013 ( dalam kristiawan, 2017 ) peran guru dalam nuansa pendidikan  yang ideal adalah sebagai seorang pendidik dan pembimbing. Guru mendidik dan membimbing siswa agar memilik akhlak dan tingkah laku yang baik, jadi seorang guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat karena dituntut untuk membentuk manusia seutuhnya, akan tetapi meskipun tugas guru cukup berat mereka tidak pernah menyerah dan tetap tersenyum untuk mendidik dan mencerdaskan generesi penerus bangsa.

    Seiring perkembangan zaman guru dituntut untuk up to date dalam berbagai hal khususnya yang terkait dengan profesinya sebagai seorang guru. Guru harus mempunyai semangat yang tinggi untuk terus belajar mengupgrade ilmu yang dimiiki karena di era digital ini siswa akan lebih mudah mengakses berbagai informasi dari internit, oleh karena itu gurupun dituntut untuk meningkatkan wawasan sesuai perkembangan zaman agar tidak ketinggalan informasi dibandingkan siswanya. Untuk meningkatkan wawasan tersebut maka guru harus selalu belajar agar ditengah-tengah perkembangan zaman yang begitu cepat guru tidak tertinggal dan dilindas zaman sehingga  tetap eksis menjadi seorang guru yang profesional. Guru dituntut untuk selalu belajar sepanjang hayat karena belajar bagi seorang guru merupakan ‘roh’ dalam memgajar sehingga guru dapat membantu siswa untuk mencapai hasil yang terbaik dalam setiap proses pembelajaran di sekolah.

    Memasuki abad 21 ilmu pengetahuan berkembang, Teknik-teknik mengajar berkembang dan teknologi juga mengalami perkembangan. Guru harus paham dan bisa menggunakan teknologi dalam pembelajaran, meskipun teknologi tidak akan bisa menggantikan guru, tetapi guru yang tidak menggunakan teknologi akan tergantikan. Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa seorang guru harus terus menerus belajar sehingga tidak akan pernah lekang oleh waktu.

    Selain itu, guru yang tidak akan pernah lekang oleh waktu adalah seorang guru yang kehadirannya sangat diperlukan, disenangi bahkan dirindukan oleh siswa. Menjadi seorang guru yang disenangi dan dirindukan oleh siswa bukan suatu hal yang mudah karena tidak semua guru bisa disenangi dan dirindukan.  Seorang guru agar bisa disenangi dan dirindukan oleh siswa butuh keahlian dan kompetensi khusus yaitu kompetensi keperibadian karena kompetensi keperibadian merupakan salah satu dari empat kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Kompetensi keperibadian berkaitan dengan karakter personal seorang guru. Keperibadian  yang akan membuat  guru disenangi oleh siswa.

    Adapun modal utama agar guru disenangi dan dirindukan oleh siswa, pertama dekat dengan siswa. kedekatan siswa dengan guru adalah modal utama seorang guru disenangi oleh siswanya baik kedekatan yang dilakukan secara lahir maupun secara batin, kedekatan secara lahir misalnya guru memberikan perhatian khusus kepada siswa salah satu contohnya menyapa dengan ramah dan menanyakan kabar sedangkan kedekatan secara batin dapat dilakukan dengan cara mendoakan siswa agar mudah menerima pelajaran dan menjadi orang sukses . Kedekatan ini merupakan hal yang sangat penting karena dapat mempermudah proses pembelajaran berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Dengan adanya kedekatan ini dalam proses pembelajaran siswa dapat belajar dengan santai dan tenang sehingga bisa menerima pelajaran dengan mudah dan ketika siswa menerima kesulitan dalam proses pembelajaran maka siswa akan bertanya secar langsung tanpa adanya rasa takut dan malu, lain halnya jika seorang guru tidak mempunyai kedekatan dengan siswanya biasanya proses belajar mengajar akan menegangkan sehingga pelajaran yang mudahpun akan sulit untuk dipahami siswa. 

    Kedua membangun suasana yang menyenangkan. Seorang guru harus mampu membangun suasana yang menyenangkan baik didalam kelas maupun diluar kelas, karena jika seorang guru mampu membangun suasana yang menyenangkan pasti akan disenangi oleh siswa dan akan selalu dirindukan kedatangannya di kelas.  Guru yang disenangi siswa adalah guru yang mampu memahami kebutuhan siswa kemudian guru memberikan penghargaan kepada siswa yang berhasil mengerjakan pekerjaan nya meskipun hanya dengan kata-kata, selain itu guru harus mampu mengontrol emosi dengan baik karena di sekolah guru akan berhadapan dengan siswa yang tidak semua tingkah laku siswa baik. Terkadang ada tingkah laku siswa yang memancing kemarahan guru oleh karena itu guru harus mampu mengontrol emosinya sehingga akan disenangi oleh siswa. 

    Ketiga guru harus bisa berperan sebagai orangtua kedua. Selain dirumah lingkungan kedua bagi siswa adalah sekolah maka guru harus bisa berperan sebagai orang tua yang kedua ketika siswa berada disekolah. Sebagai seorang anak siswa juga perlu kasih sayang maka ketika siswa berada disekolah seorang guru harus mampu meberikan kasih sayang dan teladan yang baik sebagaimana kasih sayang orangtua kepada anaknya meskipun siswa bukan anak kandung sendiri karena dengan memperlakukan siswa seperti itu maka guru akan disenangi dan dicintai siswanya , selain itu guru harus bisa memberikan yang terbaik dan bisa mendampingi siswa dengan senang hati agar selalu disenangi siswa.

    Keempat bersahabat dengan guru, ketika disekolah siswa akan selalu berinteraksi dengan guru maka seorang guru harus bisa menjadi sahabat bagi siswa nya agar selalu disenangi siswa. Guru yang bisa menepatkan dirinya sebagai seorag sahabat maka siswa akan merasa lebih dekat dan nyaman ketika berada di sekolah. kedekatan dan kenyaman siswa ketika berada disekolah akan membangkitkan motivasi dan semangat  siswa untuk belajar karena belajar menjadi hal yang menyenangkan.

    Kelima mempunyai keperibadian yang layak untuk dicontoh. Menurut falsafah jawa kata guru berasal dari kalimat  bisa digugu (dipercaya) dan ditiru (dicontoh), seorang guru akan disenangi oleh siswa jika mempunyai keperibadian yang baik bisa dipercaya dan bisa ditiru. Modal utama seorang guru agar layak ditiru dan dicintai siswa yaitu apa yang dikatakan guru sesuai denga napa yang dibuatnya kemudian menyadari kedudukan nya sebagai seorang guru dan terus belajar untuk menambah ilmu pengetahuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar