Pages - Menu

Selasa, 15 Maret 2016

Mahasiswa semester 8


Berapakah hasil 2016-2012? , anak SD pun pasti tahu kalau hasil 2016-2012 adalah 4,apa sich maksud saya menulis angka tersebut, apakah saya sedang belajar matematika, belajar pengurangan? TIDAK, saya tidak sedang belajar matematika, tetapi saya menghitung masa kuliah saya, tidak terasa waktu berlari begitu cepat,tak seorang pun dapat mengejarnya dan ia tak akan pernah kembali walau sedetikpun, dulu saya pertama kali masuk kuliah tahun 2012 tak terasa sudah sekarang sudah tahun 2016, kurang lebih 4 tahun sudah saya berada di kampus,suka duka, pahit manis sudah saya lalui di kampus, banyak cerita dan lembaran sejarah yang akan menjadi kenangan kelak di hari tua, namun jadi mahasiswa yang sudah tidak lagi muda ini terkadang banyak kegalauan, semester 8 adalah waktunya mahasiswa menyelesaikan studinya yaitu dengan menyelesaikan tugas akhir.

Banyak mahasiswa yang galau karena tugas akhir, mulai dari susah mencari masalah dan judul yang ingin dijadikan penelitian skripsi, susah mencari dosen pembimbing, susah mencari refrensi untuk sekripsi dan ada juga yang sudah bolak-balik ketemu dosen pembimbing tetapi tak kunjung mendapatkan ACC dari dosen, dan masih banyak kegalauan lain yang dialami mahasiswa semester 8 dalam menyelesaikan skripsi. Dan tak heran ketika mahasiswa galau tingkat dewa terkadang menghilang dari peredaran kampus karena tidak mampu menghadapi kegalauan tersebut. Yang terpenting bagi kita adalah bagaimana cara menyelesaikan kegalaun tersebut sehingga tidak menjadi beban yang sangat berat, karena percayalah skripsi pasti berlalu asalkan mau dikerjakan.

Terlepas dari semua itu,dari masalah kegalauan mahasiswa semester 8 tentang skripsi, yang jadi pertanyaan besar kita selama 4 tahun berada di kampus apa saja yang sudah kita perbuat di kampus, sudah kah kita bermanfaat bagi kampus kita, sudah kah kita mempunyai soft skill yang baik,sudakah kita menjadi mahasiswa yang biasa orang katakan agent of change, atau bahkan kita hanyalah mahasiswa yang hanya duduk dibangku kuliah setelah mata kuliah selesai kemudian pulang. Tak penting apakah kita bisa lulus cepat atau lulus lama, namun yang terpenting apakah kita sudah layak menjadi seorang sarjana yang siap terjun kemasyarakat, atau kita hanya seorang sarjana yang mempunyai nilai tinggi di atas kertas yaitu di sebuah ijazah, tapi ketika terjun kemasyarakat gugup, tidak bisa beradaptasi dengan masayarakat tidak bisa bersosialisai dengan masayarakat.

Lulus cepat atau tidak itu adalah pilihan, terkadang banyak orang yang ingin lulus cepat tetapi ia tidak mempunyai keahlian apa selain nilai yang tertera diatas ijazah, akan tetapi ada mahasiswa yang selesai nya tidak terlalu cepat tetapi ia mempunyai soft skill yang baik karena semasa kuliah ia tidak hanya duduk dibangku kuliah tipa ia juga mencari tempat untuk pengembangan diri.


So.. buat kita yang masih berada di kampus manfaatkan lah waktu tersebut dengan sebaik-baiknya, untuk mengupgrade diri, untuk menambah soft skill kita sehingga ketika kita terjun kemasyarakat kita mempunyai keterampilan yang lebih, buang jauh-jauh kegalaun tentang skripsi kerjakan saja dan nikmati prosesnya karena ia akan terselesaikan jika kita mengerjakannya dengan sabar dan istiqomah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar