Pages - Menu

Rabu, 16 Maret 2016

Pentingnya Komunikasi


Komunikasi merupakan bagian terpenting dalam hidup, dan kualitas hidup kita sangat ditentukan dengan cara kita berkomunikasi, orang tidak akan tahu siapa kita dan kita tidak akan mengetahui orang lain jika tidak ada komunikasi diantara keduanya. Seseorang yang pintar,ahli dalam bidang tertentu,berbakat dan mempunyai karya hebat, misal nya penulis,penyanyi, pelukis tidak akan dikenal orang jika kita tidak pandai dalam berpromosi atau berkomunikasi dengan orang lain.

Berapa banyak penulis berbakat, namun karyanya kurang begitu bermanfaat karena tidak banyak orang membaca karyanya, tidak banyak orang mengetahui tentang karyanya, hal tersebut terjadi karena kurangnya komunikasi, keahlian berkomunikasi dan mempromosikannya sangat penting agar orang mengetahui karya-karya besar kita sehingga banyak orang membaca karya kita dan bisa bermanfaat buat orang banyak. Begitu juga dengan seorang peminmpin, misalnya pemimpin negara seperti Soekarno berorasi sangat di segani dan di perhatikan,obama berpidato menggentarkan Amerika Serikat dan sekutu nya karena kata-kata beliau, semua itu karena mempunyai tehnik komunikasi yang baik.

Komunikasi bisa menghentikan pertumpahan darah dan menyelamatkan ribuan jiwa,begitu juga sebaliknya dengan satu kata saja bisa terjadi tawuran antara pelajar,atau perang antar warga. Seperti yang dilakukan Rasulullah dan para sahabat ketika fathu mekkah tidak sedikitpun ia melakukan pertumpahan darah. Dengan teriakan tahmid,takbir dan tasbih kaum muslimin berhasil memasuki mekkah dan baitullah secara aman tanpa melakukan pengrusakan. Ini terjadi karena kualitas komunikasi yang hebat.

Jauh berbeda cara rasulullah berkomunikasi dengan orang zaman sekarang misalnya saat khutbah jumaat rasulullah dengan khatib di indonesia, kalau rasulullah berkhutbah jumaat, maka semangatnya menggelora, membangun diri yang tidur, membangkitkan gairah yang layu.sebaliknya kalau kebanyakan khatib sekarang pandai menghipnotis para jamaah. Sejak awal khutbah beberapa jamaah pasang posisi enak dan akhirnya tertidur.

Apa rahasianya biar kita bisa mempengaruhi orang lain dengan komunikasi yang kita lakukan, dalam sebuah teori komunikasi ternyata kata-kata hanya berpengaruh 7% selebihnya nada dan suara mempengaruhi 38% yang terbesar adalah bahasa tubuh atau gestur mempengaruhi lebih dari setengahnya yaitu 55%.


Mengapa seorang motivator pandai bisa sangat mempengaruhi seseorang karena ia tahu bagai mana cara berkomunikasi dengan efektif, memainkan gerak tubuh dan mimik mukanya, kita tentu pasti pernah menyimak guru atau dosen ketika mengajar sangat membosankan karena ketika mengajar nada nya datar, suaranya kecil bahkan biasanya juga tanpa ekspresi. Oleh karena itu lah mengapa komunikasi sangat penting dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar